BISA DIKENDALIKAN Serangan Tungro Terhadap Ribuan Hektare Lahan Pertanian

Bagikan :
BISA DIKENDALIKAN Serangan Tungro Terhadap Ribuan Hektare Lahan Pertanian

SuarIndonesia – Hama tungro yang menyerang tanaman padi di 3 kabupaten di Kalsel perlahan bisa dikendaliman dari luasan ribuan hektare.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kalsel, Syamsir Rahman, menyebut serangan tungro diakibatkan 3 faktor. Pertama akibat dampak banjir awal Januari 2021 lalu, kedua faktor musim yang tidak menentu sehingga cuaca selalu berubah-ubah, ketiga petani selalu menanam padi lokal.

“Seharusnya ada pergiliran jenis dari lokal ke unggul, namun petani banyak yang tidak mau. Dengan kejadian ini petani baru mengerti,” ujarnya.

Lantas bagaimana upaya pengendalian tungro?

Syamsir menyatakan menurunkan tim gerakan pengendalian (gerdal) bersama petani menyemprotkan disinfektan. Disebut Syamsir upaya tersebut berhasil dan tungro sudah mulai bisa dikendalikan.

Dibeberkannya, pengendalian paling luas berhasil dilaksanakan di Barito Kuala. Tungro yang dikendalikan mencapai 775 hektare.

Pengendalian di Kabupaten Banjar berada di urutan kedua dengan luasan 475 hektare, sedangkan di Tanah Laut pengendalian tungro mencapai 278 hektare.

“Di Kabupaten Tanah Laut, tahap pertama kita kendalikan tanaman padi di Desa Raden Kecamatan Kurau dan berhasil. Kemudian, Kabupaten Banjar fokus pengendalian di Kecamatan Gambut seluas 200 hektar.

Tanaman padi kembali normal seperti semula. Secara keseluruhan serangan tungro masih tergolong ringan dan sedang, sehingga tidak mengakibatkan puso atau gagal panen,” bebernya.(RW)

 89 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.