BERLANJUT ke Tingkat Provinsi Rekapitulasi Suara PSU Pilgub Kalsel

BERLANJUT ke Tingkat Provinsi Rekapitulasi Suara PSU Pilgub Kalsel

SuarIndonesia– Tiga kabupaten kota yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalsel sudah menyelesaikan rekapitulasi suara.

KPU Kabupaten Banjar telah merampungkan rekapitulasi suara, Selasa (15/6/2021) malam. Sahbirin Noor-Muhidin unggul meraup 175.368 suara.

Sedangkan Denny Indrayana-Difriadi mengantongi 94.321 suara. “Jumlah suara sah 269.689,” ucap Komisioner KPU Kabupaten Banjar, Abdul Muthalib.

Perolehan suara kandidat Pilgub Kalsel di Kabupaten Banjar tersebut sudah termasuk rekapitulasi di 5 kecamatan yang digelar PSU yakni Martapura, Mataraman, Astambul, Aluh Aluh, dan Sambung Makmur. Dengan rincian sebagai berikut.

Dan Rabu (16/6/2021), giliran KPU Kota Banjarmasin telah menuntaskan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Ulang di salah satu ballroom hotel.

Pasangan calon nomor 1 Sahbirin Noor-Muhidin unggul dengan perolehan suara 131.766, sedangkan rivalnya nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi mendapat 114.873 suara.

“Total suara sah 246.639,” kata Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah.

Perolehan suara tersebut adalah akumulasi di 5 kecamatan di Kota Banjarmasin, setelah pelaksanaan PSU 9 Juni lalu di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang mana Sahbirin Noor-Muhidin meraup suara sebanyak 47.030 dan paslon nomor 2 Denny Indrayana-Difriadi memperoleh 23.806.

Begitu pula KPU Kabupaten Tapin telah melakukan rekapitulasi suara pasca PSU di 24 TPS di Kecamatan Binuang, pada Minggu 14 Juni lalu.

Pasangan Calon nomor urut 1 Sahbirin Noor-Muhidin memperoleh 44.800 suara dan Pasangan Calon nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi memperoleh 34.096 suara.

Jumlah rekapitulasi ini merupakan jumlah keseluruhan dari Kabupaten Tapin setelah dilaksanakan PSU di 24 TPS Kecamatan Binuang.

Selanjutnya proses rekapitulasi suara Pilgub Kalsel pasca PSU akan bergulir di tingkat provinsi. Komisioner KPU Kalsel Divisi Teknis Penyelenggara, Hatmiati mengatakan rekapitulasi perolehan suara kandidat Pilgub se Kalsel akan digelar pada Selasa 17 Juni 2021 bertempat di salah satu ballroom hotel di Banjarmasin.

“Kami memang akan melakukan rekapitulasi di tingkat provinsi Kalimantan Selatan di tanggal 17-18 Juni.

Hari ini kita melakukan rapat koordinasi, sekitar pukul empat sore dengan teman-teman KPU kabupaten/kota yang melaksanakan rekapitulasi,” pungkasnya.(RW)

 892 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: