BERKAS TES Kesehatan Balon Kepala Daerah Gelombang Dua Diterima KPU

BERKAS TES Kesehatan Balon Kepala Daerah Gelombang Dua Diterima KPU

SuarIndonesia – Setelah melewati penundaan yang cukup lama, hasil pemeriksaan dari delapan calon kepala daerah yang mengikuti tahapan tes kesehatan Pilkada 2020, akhirnya diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing kabupaten/kota.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Sarmuji mengatakan, penyerahan tersebut dilakukan tadi pagi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin banjrmasn. Sehingga pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Himpsi (Himpunan Pskologi Indonesia) dan BNN (Badan Narkotika Nasional) Kalimantan Selatan telah diserahlan kepada 5 perwakilan KPU tingkat kabupaten/kota.

Ia menerangkan, berkas yang diserahkan tersebut merupakan hasil dari tahapan pemeriksaan kesehatan dari delapan bakal calon kepala daerah yang sebelumnya menunda tahapan tersebut lantaran dinyatakan positif terpapar virus Corona atau Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Hari ini sudah selesai semuanya menjalani pemeriksaan kesehatan, dan KPU kabupaten/kota sudah menerima hasilnya,” ucapnya pada saat ditemui usai menghadiri Rapat Koordinasi Sosialisasi APK di Aula KPU Provinsi Kalsel pada Senin (21/9/2020) siang.

Kendati demikian, ia mengaku tidak mengetahui isi dari hasil pemeriksaan tersebut. Pasalnya, amplop yang berisikan berkas pemeriksaan seluruh bakal calon kepala daerah yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gelombang kedua ini akan dibuka di tempat masing-masing kabupaten/kota.

“Saya tidak melihat dan tidak membuka hasil pemeriksaan tadi, yang pastinya itu sudah diterima oleh teman-teman dari masing-masing kabupaten/kota,” ujarnya.

Menurutnya, hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan dijadikan bahan pleno terakhir sebelum penetapan pasangan calon pada tanggal 23 September 2020 mendatang.

Ia memastikan penetapan seluruh pasangan calon kepala daerah yang berlaga di 7 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan ini akan serentak dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020.

“Nanti Insya Allah akan serentak dilakukan penetapan peserta pemilihan bagi bakal calon Bupati – Wakil Bupati, Walikota – Wakil Walikota dan Gubernur – Wakil Gubernur,” terangnya.

Kemudian, setelah ditetapkan sebagai pasangan calon, ia menambahkan, para kandidat tersebut akan lanjut ke tahap pengundian nomor urut yang juga dilakukan secara serentak pada tanggal 24 September 2020.

“Tahapan kita tetap sesuai jadwal, tidak ada yang ditunda,” tukasnya.

Pasalnya, penundaan dilakukan jika ada pasangan calon yang melewati batas dari waktu tahapan yang telah ditentukan. “Tapi karena saat ini pemeriksaan itu sudah selesai dan hasilnya pun sudah ada tentu kita akan lanjutkan ke tahapan selanjutnya,” sambung Sarmuji.

Ketika ditanya mengenai apakah ada catatan khusus bagi bakal calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan gelombang ke dua ini, Sarmuji hanya menyebut bahwa semuanya memenuhi syarat.

“Tidak ada catatan, semuanya aman dan Insya Allah memenuhi syarat. Soalnya jika ada yang tidak memenuhi syarat biasanya kita dipanggil oleh Tim Dokter,” tutupnya.(SU)

 145 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: