Banjarmasin Alokasikan Rp1,2 M untuk Bersihkan Sungai

Banjarmasin Alokasikan Rp1,2 M untuk Bersihkan Sungai

Suarindonesia – Pemerintah Kota Banjarmasin melalu Dinas PUPR Kota Banjarmasin mengalokasikan dana untuk pembersihan sungai terutama bagi operasional kapal sapu-sapu sebesar Rp1,2 miliar per tahun.

Kapal sapu-sapu yang merupakan kapal milik dari pihak ketiga tersebut digunakan dengan sistem sewa. Operasionalnya
diperuntukkan untuk membersihkan dan menjaga sungai dari sampah kiriman maupun sampah domestik.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Ir H Tony mengatakan, kegiatan pembersihan yang dilakukan kapal sapu-sapu setiap hari dengan durasi 4 jam kerja per hari. “Karena kontrak denga pihak pemilik kapal adalah 720 jam per 6 bulan,” ungkapnya.

“Untuk sewa kapal dan upah jasa membersihkan sungai tersebut kami bayarkan persl setengah tahun. Jadi kami harus mengucurkan dana Rp600 juta per setengah tahun,” ungkap Tony kepada wartawan, Selasa (20/11/2018) siang.

Toni menyebutkan untuk pengawasan kinerja dari awak kapal sapu-sapu tersebut, pihaknya memasang kamera CCTV untuk menghitung kalkulasi jam kerja mereka. Kemudian akan direkap per bulan dan dilaporkan per enam bulan untuk kemudian dilakukan transaksi pembayaran upah sewa dan jasa.

“Saat ini sudah kami pasang CCTV di setiap kapal sapu-sapu yang berjumlah 3 armada. Jadi kami bisa pantau apakah
cukup mereka kerjakan seharinya, atau malah kurang, semuanya terpantau di CCTV,” ujar Tony.

Sementara Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Ir H Joko Pitoyo menyebutkan bidang sungai pada dinas PUPR Kota Banjarmasin selalu mencapai hasil yang maksimal, serapan per tahun berada pada angka 100%.

“Dalam menjalankan kinerja pihak yang ada di bidang sungai ini sangat bagus. Karena di samping mereka menjaga kebersihan sungai, mereka juga berhasil membuat siring di pinggiran sungai untuk menciptakan pemandangan yang indah,” demikian Joko Pitoyo.(SU)

 208 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: