ANTISIPASI Lonjakan Masyarakat Mengunjungi Objek Wisata jadi Perhatian Polda Kalsel

Bagikan :
ANTISIPASI Lonjakan Masyarakat Mengunjungi Objek Wisata jadi Perhatian Polda Kalsel

SuarIndonesia – Suasana kini dan nantinya tak cuma terkait mudik dan arus balik.

Namun lonjakan aktivitas masyarakat mengunjungi objek wisata yang ada di Kalsel pada momen libur Idul Fitri 1443 Hijriah juga menjadi perhatian Polda Kalsel.

Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pamobvit) Polda Kalsel telah melaksanakan upaya-upaya imbauan dan pengamanan terkait aktivitas masyarakat di objek wisata di banua ini.

Bersama satuan wilayah di 13 kabupaten/kota di Kalsel, objek-objek wisata yang berpotensi diserbu masyarakat untuk menghabiskan waktu libur lebaran diinventarisir.

“Inventarisir faktor kerawanan, kegiatan preemptif dan preventif dilaksanakan sehingga masyarakat merasa aman saat berwisata,” kata Direktur Pamobvit Polda Kalsel, Kombes Pol Zulkifli melalui Wakil Direktur, AKBP Gusti Maychandra, kepada wartawan Kamis (28/4/2022).

Dikatakan, selain penempatan personel, pengecekan kesiapan dan kelengkapan sarana dan prasarana pengamanan di objek wisata  dilakukan.

“Selain itu, koordinasi dengan pengelola objek wisata soal pembatasan pengunjung dari total kapasitas juga dilakukan agar kondisi keamanan pengunjung tetap terjaga.

Keamanan transportasi akses objek wisata baik jalur darat maupun perairan pun tak luput dari pengecekan Dit Pamobvit Polda Kalsel bersama Satwil di seluruh kabupaten/kota,” ujarnya.

“Jadi apakah itu kerawanan keamanan seperti maling, copet atau kerawanan seperti kemacetan itu kami antisipasi lebih dulu,” ujar Wadir Dit Pamobvit.

Meski prediksi lonjakan kunjungan ke objek wisata terjadi pasca Idul Fitri 1443 Hijriah, namun pengamanan sudah dioptimalkan sejak hari H Lebaran.

AKBP Maychandra mengingatkan, meski sudah tak ada larangan mudik atau berwisata, namun meminta masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat baik mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan selama berwisata.

“Masyarakat jaga ketertiban, keamanan, tetap jaga prokes dan perhatikan saat meninggalkan rumah serta¬† perhatikan keselamatan saat berkendara di jalan raya maupun jika sampai tujuan,” imbuhnya. (ZI)

 957 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.