ANJING PELACAK Disiapkan Polda Kalsel Pengamanan Hari Raya Waisak

Bagikan :
ANJING PELACAK Disiapkan Polda Kalsel Pengamanan Hari Raya Waisak

SuarIndonesia – Sejumlah personel bersama anjing pelacak disiapkan Polda Kalsel dan turun pengamanan Hari Raya Waisak 2566 BE yang dirayakan Umat Budha pada Senin (16/5/2022).

Ini merupakan salah satu momen penting dalam kalender keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Polda Kalsel akan melakukan sejumlah upaya pengamanan menyambut puncak Hari Raya Waisak di Banua.

“Betul, besok akan dilaksanakan giat pengamanan Hari Raya Waisak,” kata Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol M Rifa’i, Minggu (15/5/2022).

Salah satu upaya pengamanan yakni dilakukan dengan cara penyisiran pada sejumlah vihara yang merupakan tempat ibadah Umat Budha dan juga lokasi pelaksanaan puncak peribadatan peringatan Tri Waisak.

Unit Polisi Satwa (K-9) Direktorat Samapta (Dit Samapta) Polda Kalsel akan diterjunkan untuk melakukan tugas tersebut.

Dan memastikan tak ada ancaman benda berbahaya khususnya bahan peledak yang dapat mengganggu situasi keamanan.

Kanit K-9 Ditsamapta Polda Kalsel, Bripka AF Samosir mengatakan, 15 personel dan 2 ekor satwa K9 akan diterjunkan dalam kegiatan penyisiran tersebut.

“Tim akan kami bagi dua, masing-masing tim bersama satu ekor satwa K9 klasifikasi pelacak khusus bahan peledak,” kata Bripka Samosir.

Kedua ekor satwa K9 klasifikasi pelacak khusus bahan peledak yakni bernama Brown dan Niko masing-masing akan ikut dalam tim untuk melakukan penyisiran di dua vihara di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel.

Kedua Vihara itu yakni Vihara Dhammasoka di Jalan Piere Tendean dan Vihara Buddhayana di Jalan Veteran, Kota Banjarmasin.

“Besok rencananya kami mulai pukul 16.00 Wita,” ujar Bripka Samosir.

Selain mengandalkan satwa K9, Personel Unit Polisi Satwa Dit Samapta Polda Kalsel juga akan menggunakan alat pendeteksi bahan peledak lainnya. (ZI)

 101 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.