ADA 100 Tahanan Dipindahkan ke Lapas, SPDP Makin Banyak Diterima Kejari dari Polresta Banjarmasin

Kasi Pidum Kejari Banjarmasin, Roy Modino SH MH

SuarIndonesia – Penegakan hukum dan penindakan pelanggaran hukum di Kalsel termasuk di Kota Banjarmasin semakin optimal.

Salah satu indikasinya, makin banyaknya jumlah Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik Polresta Banjarmasin dan diterima oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin.

“Tiga pekan Bulan Ramadhan 1443 Hijriah ini, ada sekitar 75 SPDP yang kami terima,” kata Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Banjarmasin, Roy Modino, Rabu (27/4/2022).

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Bulan Maret sebelum Ramadhan, ada sebanyak 65 SPDP yang diterima Seksi Pidum Kejari Banjarmasin.

Tak cuma upaya dari penyidik Kepolisian, optimalisasi penegakan hukum juga dilakukan Seksi Pidum Kejari Banjarmasin dengan mempercepat pemindahan tahanan berperkara dari tahanan Kepolisian ke Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

“Kemarin sudah ada 100 lebih kami pindahkan ke Lapas, waktu dekat ini 50 lagi mau dipindahkan. Jadi yang proses sidang terdakwa ini posisinya sudah di Lapas,” ujar Roy.

Hal ini kata dia dapat mengurangi beban tahanan di Kantor Kepolisian sehingga diharap turut mendukung upaya penegakan hukum yang dilaksanakan Korps Bhayangkara.

Terkait jenis tindak pidananya, dari 75 SPDP itu hampir 50 persennya kata Roy merupakan tindak pidana penyalahgunaan dan atau peredaran gelap narkotika.

Sedangkan sisanya tindak pidana beragam seperti terkait membawa senjata tajam tanpa izin, kejahatan terhadap orang seperti penganiayaan lalu ada pula tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Meski meningkat, namun jumlah penanganan perkara dilihat dari jumlah SPDP menurutnya masih belum sepenuhnya kembali seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Dimana pada Tahun 2019 misalnya, Seksi Pidum Kejari Banjarmasin rata-rata setiap bulan menerima sebanyak 120 hingga 150 SPDP dari penyidik Polresta Banjarmasin. (ZI)

 220 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!