70 SPANDUK Berbau Provokatif Ditertibkan, Ini Sudah Diidentifikasi dan Dianalisis Pelanggarannya

70 SPANDUK Berbau Provokatif Ditertibkan, Ini Sudah Diidentifikasi dan Dianalisis Pelanggarannya

SuarIndonesia -“Spanduk-spanduk yang akan kita tertibkan sudah diidentifikasi, sudah kita analisis pelanggarannya seperti apa.

Hal ini sudah kita sampaikan dan sudah disepakati baik dari Pemprov, dan Pemko Banjarmasin,” kata Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin Muhammad Yasar, Kamis (3/6/2021).

Sepekan sebelum pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel, Bawalsu Kota Banjarmasin melakukan penertiban spanduk dan baliho berbau kampanye dan provokatif di seluruh wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan

Menurutnya, jenis spanduk yang akan ditertibkan adalah yang mengandung unsur kampanye dan bernada provokatif dari kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel 2020.

“Contohnya spanduk yang bertuliskan, ”Ambil Uangnya, Ambil Duitnya, Jangan Cucuk Urangnya”.

Inikan sangat kontraproduktif dan tidak memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat.

Spanduk-spanduk seperti itu sedikit provokatif. Ini yang akan kita tertibkan karena sudah meresahkan,” kata Yasar.

Dia mengatakan dalam penertiban, Bawaslu bersama aparat kepolisian, TNI, Satpol PP, akan melakukan penyisiran di seluruh kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang merupakan wilayah PSU Pilgub Kalsel 9 Juni 2021.

“Tim dibagi menjadi tiga grup, dipimpin rekan-rekan Pengawas Kelurahan karena mereka lebih mengetahui di mana titik-titik spanduk yang akan ditertibkan tersebut,” ujarnya.

Yasar menyebutkan, jumlah spanduk yang sudah dianalisis berbau provokatif, berjumlah sekitar 70 di lapangan.

“Bisa juga jumlahnya lebih atau kurang karena sebagian sudah ada yang dilepas. Spanduk-spanduk tersebut tersebar di setiap kelurahan,” ujarnya.

Yasar menambahkan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Pemko dan dinas terkait untuk melepas baliho atau spanduk di luar wilayah PSU di Banjarmasin.

“Setelah penertiban, kita akan mengundang pihak terkait, termasuk relawan kedua tim pasangan calon karena ini sudah disepakati bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menertibkan baliho dan spanduk yang berseliweran di Kecamatan Banjarmasin Selatan menjelang PSU Pilgub Kalsel.

“Nantinya hasilnya akan dikumpulkan di Panwascam dan direkap sesuai dengan hal-hal yang telah diatur Bawaslu, sebagai pengawas pelaksanaan PSU,” ujarnya. (HM)

 988 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: