5 Bandar Narkoba Dibekuk BNNK Banjarmasin

5 Bandar Narkoba Dibekuk BNNK Banjarmasin

Suarindonesia – Sepanjang tahun 2018 BNNK Banjarmasin berhasil membekuk 5 orang tersangka bandar narkoba yang berkeliaran di Banjarmasin.

Hal tersebut dikatakan Kepala BNNK Banjarmasin, AKBP Normawati, saat press realese akhir tahun 2018 di kantornya, Rabu (26/12) siang.

Norma melanjutkan, dari lima pelaku narkoba yang meresahkan masyarakat itu merupakan dari pengungkapan tiga kasus yang diamankan dari tempat berbeda.

“Semua tersangka sudah diproses hukum dan sekarang sudah ditangani Kejaksaan, dan Pengadilan Negeri Banjarmasin,’’ bebernya.

Tahun ini juga, BNNK Banjarmasin berhasil menangani rehabilitasi 110 pelaku penyalahgunaan narkoba yang berobat. Hasil tersebut, Norma mengaku tak menyangka, karena target pihaknya hanya 35 orang saja.

Kemudian bila dihitung dengan hasil keseluruhan program rehabilitasi baik itu yang rawat inap maupub rawat jalan totalnya berjumlah 117.

“Dengan capaian melebih target, maka tahun depan target akan ditingkatkan. Semoga angka penyalahgunaan narkoba berangsur menurun,” katanya.

Kebanyakan kasus rehabilitasi yang ditangani soal obat-obatan terlarang seperti zenit, ngelem dan obatan jenis daftar ‘G’ lainnya. Sisanya narkotika jenis sabu dan ineks serta ganja.

“Angka rehabilitasi tahun ini berkurang bila dibanding dengan tahun lalu yang berjumlah 217. Ini berkurang karena efek berkurangnya penyalahguna zenit di mana obat jenis itu kini sudah masuk UU Narkotika. Ya, mungkin banyak yang takut, sehingga tahun ini kami berkurang,” cetusnya.

Norma melanjutkan lagi, hal di atas terjadi juga karena gencarnya pihaknya dalam aksi sosialisasi narkoba ke masyarakat. Sehingga itu masyarakat semakin tahu dan paham bahaya narkoba itu sendiri.

Ditanya soal penyerapan anggaran BNNK Banjarmasin? Dikatakan Norma, penyerapan anggaran dengan nilai Rp1,7 miliar, realisasi Rp1,,6 miliar atau 96,38 persen.

“Penyerapan BNNK tahun ini tinggal sedikit lagi. Insya Allah dengan waktu yang tersisa ini capai 99 persen,” katanya. (SU)

 278 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: