49 LAPORAN Pengaduan soal Pembayaran THR Diterima Diskopumker Banjarmasin

Bagikan :
49 LAPORAN Pengaduan soal Pembayaran THR Diterima Diskopumker Banjarmasin

SuarIndonesia – Terhitung dari sepekan lalu, Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskopumker) Banjarmasin telah membuka Posko Pengaduan Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) terkait lebaran Idul Fitri 1443 H.

Bahkan sejak posko pengaduan ini didirikan, diketahui Diskopumker Banjarmasin pun ternyata menerima puluhan laporan.

“Hingga hari ini, ada sebanyak 49 pekerja yang melapor,” ujar Syamsudin selaku Kabid Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHJS) Diskopumker Banjarmasin, Jumat (6/5/2022).

Syamsudin menambahkan sebanyak 49 orang pelapor tersebut, berasal dari tiga perusahaan yang ada di Kota Seribu Sungai.

“Perusahaannya ada tiga, dan yang melapornya 49 pekerja,” jelasnya.

Syamsudin pun membeberkan bahwa ketiga perusahaan yang dilaporkan tersebut, mayoritas dikarenakan tidak membayarkan THR tidak sesuai dengan ketentuan.

“Kerena indikasinya THR nya dicicil dan juga di bawah ketentuan, yakni sebulan gaji,” katanya.

Terkait dengan adanya laporan atau pengaduan yang masuk ini, Syamsudin menambahkan pihaknya pun sudah menindaklanjutinya.

“Satu sudah kita upayakan mediasi, sedang dua sisanya rencananya akan kita temui sekaligus meminta penjelasan dan juga melakukan crosscek,” terangnya.

Ditanya mengenai sanksi apabila tiga perusahaan ini tidak memenuhi kewajibannya juga, Syamsudin menerangkan bisa saja nantinya berkaitan ke perizinannya.

“Sanksinya mulai dari teguran sampai ke perizinannya. Tapi biasanya dikarenakan alasan klasik, yaitu pendapatan. Tapi akhirnya dicarikan solusinya yang terbaik, yang penting hak pekerja bisa dibayarkan,” demikian Kabid Pembinaan Hubungan Industrial Syamsuddin.(SU)

 119 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.